Sosialisasi dan KIE Program Bangga Kencana Bersama Mitra Kerja Komisi IX DPR RI



01 Jul 2024




Sleman, Kamis Kliwon, 27 Juni 2024.

Bertempat di Graha Bina Husada Poltekes Kemenkes Yogyakarta, Banyuraden, Gamping, Sleman telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Program Bangga Kencana dan PPS bersama mitra kerja DPR RI Komisi IX Dian Istiqomah, S.Kep. Program Bangga Kencana merupakan rebranding dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam rangka upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat, melalui berbagai kelompok kegiatan di masyarakat. Bangga Kencana merupakan singkatan dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana yaitu program yang digunakan untuk memperkuat sistem informasi keluarga yang terintegritas. Program Bangga Kencana menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan serta berfokus mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Hadir sebagai Narasumber adalah Dr. Yuni Kusmiyati, SST., MPH sebagai Plh. Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Sunarto, SE., MM Kepala Biro Keuangan dan BMN BKKBN DIY, Rohdhiana Sumariati, S.Sos., MSc, Ketua Timja Huba Advokasi dan Kehumasan Perwakilan BKKBN DIY, dan Dra. Dwi Wiharyanti, MSi Kabid P2KB Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman. Kegiatan ini diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa dari Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Teknologi Laboratorium Medis dan Kesehatan Gigi sejumlah 200 orang.

Materi dari Narasumber 1 ibu Dian Istiqomqh, S,Kep dengan materi pentingnya perencanaan bagi generasi muda sebelum memutuskan untuk menikah. Sedangkan Narasumber 2 bapak Sunarto, SE menyampaikan materi tentang bahaya stunting dan bagaimana mencegah generasi stunting, pentingnya cek kesehatan sebelum menikah meliputi: cek hb, status gizi sehingga tidak berisiko ketika mendapatkan keturunan. Inti dari pemaparan narasumber kedua adalah mengkondisikan diri sendiri supaya dalam keadaan sehat. Narasumber ketiga ibu Rohdhiana Sumariati, S.Sos, MSc dengan materi konsep terjadinya stunting dan 1000 Hari Pertama kehidupan (HPK). Narasumber keempat adalah Dra. Dwi Wiharyanti, MSi dengan materi tentang strategi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sleman, DIY. 

 

(Tim Promosi, Humas & CDC)