Polkesyo Dukung Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19



24 Mar 2021




KBRN, Yogyakarta : Sebanyak 62 tenaga kesehatan diterjunkan dalam pelaksanaan vaksinasi massal bagi ASN dan Abdi Dalem Kraton yang digelar Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan Yogyakarta (Polkesyo)

Penanggungjawab pelaksanaan vaksinasi Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes mengatakan, total tenaga kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi massal sebanyak 62 tenaga kesehata dengan dukungan 10 dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DIY termasuk 1 dokter spesialis penyakit dalam dan 1 dokter spesialis anestesi.

Sedangkan untuk tenaga vaksinator ditambahkannya, dicukupkan dari Polkesyo atau sebanyak 50 vaksinator.

"Kita targetkan setengah hari selesai dengan 774 selesai dengan Sepuluh meja skrining di meja Dua, dan Sepuluh meja di meja Tiga untuk vaksinasi," katanya disela pelaksanaan vaksinasi massal di Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Yogyakarta, Selasa (23/3/2021).

Selain dukungan tenaga kesehatan, 50 relawan dan mahasiswa juga turut andil dalam pelaksanaan vaksinasi massal terutama dalam membantu mulai dari awal masuk sampai tata kelola di dalam, seperti lalu lintas antrian, dan membantu untuk pengeamamanan dan pengawasan sehingga potensi terjadinya kerumunan dapat terhindari.

"Kita juga siapkan mini ICU ketika ada hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Mengambil momentum Dies Natalis Polkesyo ke-20, lustrum ke-4 dan menjadi bentuk pengabdian kepada masyarakat, Pihaknya mengharapkan melalui vaksinasi massal yang digelar dapat menjadi dukungan dalam upaya mensyuskseskan program vaksinasi nasional 1juta vaksin perhari untuk membentuk kekebalan kelompok di Indonesia.

Sehingga melalui vaksinasi masal juga dapat dibangun semangat ataupun budaya kerja cerdas, ringkas, kerja iklas dan kerja tuntas, yang menjadi motivasi untuk dapat bekerja secara cepat, tuntas dan sesuai target.

"Ini menjadi tantangan kita bersama dalam tempo yang singkat kita harus bisa menyelesaikan sebagaimana yang ditargetkan," terangnya.

Wakil Direktur III Polkesyo itu menyebutkan, hingga saat ini Polkesyo sudah memiliki 61 tenaga vaksinator yang sudah terlatih dan memiliki sertifikat, yang nantinya juga akan dikirim untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi massal di Jakarta.

"Kita juga punya klinik pratama polkesyo yang menjadi salah satu titik pos vaksinasi di DIY," tambahnya.

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menyelenggarakan vaksinasi massal dosis pertama kepada ASN Polkesyo dan KLHK, serta Kerabat dan Abdi Dalem Kraton Yogyakarta digelar selama 1 hari sejak pukul 08.00-12.00 wib, dan akan kembali menggelar vaksinasi massal untuk dosis kedua di tanggal 4 April 2021 mendatang dengan lokasi dan waktu yang sama.

******

Sumber : rri.co.id