Peningkatan Kualitas Laboratorium di POLKESYO dengan Mengacu pada SNI ISO oleh Komite Akreditasi Nasional



10 Dec 2019




 

POLKESYO dalam upayanya meningkatkan mutu pendidikan terus berupaya melakukan penataan, pembenahan dan juga peningkatan dalam segala aspek. Salah satunya adalah Laboratorium POLKESYO menuju ISO 17025:2017. ISO 17025 atau sitem manajamen laboratorium ISO 17025 merupakan standard persyaratan kompetensi untuk sistem manajemen laboratorium. Sistem ini digunakan untuk mengembangkan sistem manjemen kegiatan mutu, administrasi dan teknis. Standar ini  menetapkan persyaratan umum kompetensi dalam melakukan pengujian dan kalibrasi termasuk pengambilan contoh. Hal ini mencakup kalibrasi dan pengujian dengan menggunakan proses yang baku maupun yang tidak baku serta proses yang dikembangkan oleh laboratorium.

Laboratorium berperan sebagai wahana pendidikan selain dari ruang kuliah. Laboratirum harus memiliki kelengkapan terutama dalam tata bangungan dan utilitas, peralatan bahan, personil dan sitem tata kelola yang memadai. Laboratorium perlu dikelola dengan baik, karena berperan dalam mendorong efektifitas dan optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaran berbagai fungsi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu laboratorium dapat menjadi wahana melatih mahasiswa untuk mengembangkan ketrampilan ilmiah seperti mencari, mengumpulkan, mengamati, bereksperimen dan menyimpulkan data yang telah ada.

Berdasarkan hal tersebut, pada Selasa Wage, 12 Desember 2019, POLKESYO mengadakan Kegiatan Peningkatan Kualitas Laboratorium di POLKESYO dengan Mengacu pada SNI ISO oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). POLKESYO terus berupaya mengembangkan program-program yang berorientasi pada peningkatan mutu tenaga kependidikan, program dirancang secara cermat dengan dilaksanakan secara optimal, serta selau dilakukan monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaanya.

Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini, dengan terakreditasinya laboratorium POLKESYO kedepannya bisa dimanfaatkan sebagai pelayanan kepada masyarakat dan potensial sebagai bisnis Badan Layanan Umum POLKESYO. Pelatihan ini ini bertujuan memberikan pemahaman tentang pentingnya laboratorium POLKESYO menuju laboratorium terstandar, pemahaman menyeluruh terkait dengan persyaratan kompetensi laboratorium berdasarkan ISO 17025, pemahaman sistem dokumentasi dan penyusunan (panduan mutu, prosedur, IK dan form terkait laboratorium sistem ISO 17025), dan pemahaman tentang prinsip audit internal dan implementasi.

*****