KEGIATAN OSCE (OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION) PROGRAM STUDI DIII REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA 2024



18 Jul 2024




Kualitas PMIK sebagai pemberi layanan kesehatan dipengaruhi berbagai hal, antara lain kualitas proses pembelajaran yang ada. Kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh institusi pendidikan rekam medis masih sangat beragam, meskipun telah menggunakan kurikulum inti yang sama. Dampak dari pelaksanaan proses pembelajaran tersebut akan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan tidak terstandar, hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya keluhan dari stakeholder terhadap kualitas lulusan saat melakukan rekruitmen. OSCE merupakan metode evaluasi yang terstruktur dan objektif, simulasi situasi dunia nyata kerja Profesi Rekam Medis untuk menguji keterampilan klinis, kemampuan pemecahan masalah, dan kompetensi secara holistic. Dengan mengadakan kegiatan OSCE, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan menghadapi situasi dan kondisi dari simulasi yang mendekati keadaan di dunia kerja nyata. Melalui hal tersebut diharapkan juga bisa mengambil keputusan, menyelesaikan serta berkomunikasi efektif di lingkungan kerja dengan  terkontrol dan realistis. 

Peserta kegiatan OSCE ini adalah Mahasiswa tingkat akhir yang sudah selesai sidang KTI dan dinyatakan Lulus semua mata kuliah dan tidak ada nilai ≤ D. OSCE dilaksanakan pada 17 hingga 18 Juli 2024 Pukul 08.00 – 12.00 WIB dan ujian ulang (remedial) pada 19 Juli 2024, Pukul 08.00 – 12.00 WIB yang berlokasi di Laboratorium OSCE Prodi D III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Ujian ini melibatkan para penguji yang terdiri dari Dosen Prodi D III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta serta PMIK yang sudah bekerja di Fasyankes berpengalaman minimal 5 tahun, memiliki STR dan berpengalaman sebagai CI (Clinical Instructure). 

 

Terdapat 7 station yang akan dinilai dalam OSCE, yaitu Tempat Penerimaan Pasien, Assembling, Coding, Filing, Pelaporan, Pelepasan Informasi dan Istirahat (break). Masing-masing station akan dilaksanakan dalam waktu 9 menit dengan rincian 30 detik membaca soal, 8 menit mengerjakan ujian, 30 detik untuk pindah station, serta waktu  persiapan dari dan menuju keruang karantina. Sehingga dalam satu putaran ujian OSCE RMIK didapat waktu 63 menit. Soal yang digunakan dalam OSCE dibuat oleh staf pendidik dan praktisi klinik yang juga merupakan PMIK dengan keahlian masing-masing dibidangnya. Proses pembuatan soal dilakukan bersama-sama kemudian ditelaah oleh Tim OSCE untuk analisis dan disimpan dalam bentuk draft soal yang selanjutnya ditelaah kembali oleh Tim ahli (panel expert). Soal yang baik disimpan dalam bank soal RMIK dan memiliki peluang untuk diujikan pada OSCE RMIK. Soal OSCE yang telah dihasilkan disimpan dalam bank soal OSCE dalam bentuk soft copy. (nitabudiyanti)