Idul Qurban di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebagai Momentum Berbagi di Masa Pandemi COVID-19



07 Aug 2020




 

Kehadiran bulan Dzulhijjah bagi umat Islam mempunyai arti yang sangat penting. Karena pada bulan ini sebagian umat Islam yang mampu sedang melaksanakan rukun Islam ke-5, yaitu ibadah haji di Baitullah. Dan bagi umat Islam lainnya merayakan Idul Adha dengan melakukan penyembelihan hewan Qurban berupa Sapi dan / kambing.

Sebagai upaya peningkatan keimanan dan ketaqwaan civitas akademika Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta, serta dalam rangka mengisi dan meningkatkan syiar agama Islam pada Bulan Dzulhijjah 1441 H/ 2020, maka perlu diselenggarakan kegiatan Peringatan  Hari Raya Idul Adha di Kampus Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta, dimana pada tahun 2020 Pemerintah RI menetapkan Hari Raya Idul Adha 1441 H jatuh pada hari Senin, 3 Agustus 2020.

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh civitas akademika Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta, baik mahasiswa, dosen, karyawan/wati, staf dan pimpinan, beragama Islam dari ke enam jurusan (Analis Kesehatan, Gizi, Kebidanan, Keperawatan, Keperawatan Gigi, dan Kesehatan Lingkungan) dapat berpartisipasi aktif mencari Ridho Illahi, melalui sumbangsihnya berupa tenaga, waktu, pikiran, dan juga dana sesuai keikhlasan dan kemampuan masing-masing.

Penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka Peringatan Hari Raya Idul Adha Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta Tahun 1441H/ 2020 M ini berdasarkan pada Surat Keputusan Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta Nomor : HK.01.07/3.1/3129/2020 , tanggal 25 Juni 2020, tentang Pembentukan Panitia Hari Besar Islam Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dalam Rangka Peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 H Di Era New Normal Di Kampus Politeknik Kesehatan Yogyakarta Tahun 2020.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam Rangka Peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 H di Kampus Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta Tahun 2020 telah dapat terlaksana dengan lancar berkat adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak/ civitas akademika, baik sebagai panitia, shohibul qurban, maupun donatur.